PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN (IKAN ASIN)

Pada Bulan September sesuai dengan permohonan Musrembang bahwa pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Kelompok Ekonomi Masyarakat Pesisir di Kelompok Mina Berkah Desa Ketapang Kecamatan Ulujami telah dilaksanakan. Kegiatan berupa pelatihan pengolahan ikan asin yang berlangsung selama 2 hari di Balai Desa Ketapang dengan narasumber berasal dari lingkup Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang dan Pelaku usaha ikan asin yang telah berkembang.

Pada hari pertama kegiatan ini, Sekretaris Dinas Perikanan Kab. Pemalang memberi materi tentang kebijakan pembangunan perikanan di Kab. Pemalang, Ibu Dra. Reny Handayani menyampaikan “bahwa pada prinsipnya dalam upaya membangun dan mengembangkan sektor perikanan di Kabupaten Pemalang maka sejumlah kebijakan/strategi di tempuh berdasarkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki. Strategi Pengembangannya diawali dengan penyusunan Program Strategi perikanan sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan dan sasaran strategi perikanan (17/09).”

Materi dilanjutkan oleh Penyuluh perikanan ASN tentang dinamika kelompok, dan materi teknologi pengolahan produk hasil perikanan oleh penyuluh perikanan bantu wilayah setempat.

IMG_6120            IMG_6122

Pada hari kedua kegiatan yaitu pemberian materi olahan ikan asin oleh tenga ahli dalam hal ini adalah pelaku usaha ikan yang sudah berkembang Bpk. Sanadi yang beralamat di Desa Asemdoyong Kec. Taman sebagai ketua kelompok “Gereh Mulya” dilanjutkan dengan praktek pembuatan ikan asin secara langsung.

IMG_6146            IMG_6147

Sampel ikan yang digunakan adalah ikan kacangan (Tylosurus sp) dan ikan tigawaja (Otolithes sp). ada beberapa jenis ikan yang biasa digunakan untuk pengolahan ikan asin seperti ikan kembung (Rastelliger sp), layur (Trichiurus sp), teri (Stelephorus sp), petek (Leiognathus sp) dan ikan alu-alu/ikan barakuda (sphyraena sp).

IMG_6159            IMG_6204

Selain pemberian materi dan praktek olahan ikan asin oleh pelaku usaha lokal, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan selama dua hari yang di ikuti oleh kelompok Mina Berkah Desa ketapang kabupaten Pemalang. Kunjungan lapangan dilakukan  ke UKM ikan asin di daerah Kabupaten Pangandaran yang sudah berkembang lebih besar yaitu UKM Babakan Makmur 2. Setiba di di UKM Babakan Makmur 2 rombongan disambut oleh Dinas setempat dan anggota UKM. Kelompok Mina Berkah diberikan pengetahuan lebih dalam mengenai pembuatan olahan ikan asin dan pemasarannya.

IMG_6193              IMG_6225

Selain itu Kelompok Mina Berkah juga diajak mengunjungi UKM mamah jambal yang berlokasi tidak jauh dari UKM Babakan Makmur 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *